Hal Penting untuk Diperhatikan Saat Beli Mobil Baru Online di Tangerang

beli mobil baru online

FLS – Beli apa-apa sekarang ini bisa dilakukan secara online, mulai dari pakaian, makanan, sampai mobil baru. Tapi saya harus akui kalau metode beli mobil baru online belum jadi opsi utama bagi kebanyakan orang, walaupun sebetulnya lebih efisien.

Kebanyakan dari kita terbiasa membeli mobil dengan cara datang ke dealer, kalau perlu lakukan test drive, baru setelahnya kita lakukan transaksi.  

Tapi bukan berarti beli mobil dengan cara online nggak efektif. Kamu bisa tetap mendapat membawa pulang mobil yang tepat, asal tahu metode yang pas buat melakukannya.

Apa yang Harus Dicek Saat Beli Mobil Baru?

Saya pribadi lebih nyaman bila tahu benar kualitas mobil yang mau saya beli. Jadilah saya tipikal orang yang konvensional: selalu pengen lihat dan cek barangnya dulu sebelum memutuskan bertransaksi. Kebanyakan orang rasanya punya metode yang sama seperti yang saya lakukan.

Tapi untuk urusan beli mobil baru dengan cara online, saya tentu tidak bisa melakukan hal-hal di atas. Tapi bukan berarti keterbatasan itu nggak bisa disiasati.

Berikut beberapa checklist di bawah ini bisa kamu terapkan ketika mau beli mobil dengan cara online.

  • Periksa harga pasaran mobil impian

Googling dulu mengenai harga mobil yang diincar. Bandingkan antara harga mobil yang berlaku di satu dealer, dengan harga yang berlaku di dealer lain. 

  • Booking test drive bila ragu

Kebanyakan dealer resmi online biasanya kaya dengan fitur tambahan. Misalnya, kamu bisa memesan tanggal test drive lewat fitur yang ada di web resmi dealer.

Cara seperti ini adalah satu teknik untuk menyiasati keterbatasan di mana kita tidak bisa memeriksa langsung kualitas mobil yang ingin dibeli dari sebuah dealer.

Dengan memesan test drive, kita bisa mencoba langsung kualitas sebuah mobil, dan pada gilirannya bisa tambah yakin dengan model yang kita pilih.

  • Pilih dealer rekomendasi dan resmi

Yang dimaksud “resmi” di sini adalah dealer yang memang memegang lisensi untuk menjual mobil dari brand tertentu secara legal. Saya selalu memanfaatkan Google untuk mencari dealer rekomendasi.

Atau bila nggak yakin dengan informasi yang saya dapat lewat Google, saya selalu bertanya kepada kerabat dekat sebelum bertransaksi di sebuah dealer online.

  • Bertransaksilah dengan dealer yang dekat dengan rumah

Dengan memilih belanja mobil online di dealer yang dekat dengan rumah, kita bisa langsung mengunjungi dealer seandainya ada masalah di kemudian hari – misalnya mobil yang kita beli secara online nggak kunjung datang.

Ambil contoh saya misalnya. Saya tinggal di Tangerang, dan kebetulan berniat membeli mobil Toyota baru. Setelah cari referensi di sana-sini, saya menemukan dealer resmi TOSS Tunas Toyota. Saya memilih Tunas Toyota Tangerang karena ini adalah dealer resmi Toyota yang paling dekat dengan rumah saya.

Oh ya, nama “TOSS” mungkin terdengar asing di telinga, namun setelah sedikit mencari tahu lewat Google, saya mendapat informasi kalau TOSS adalah singkatan dari Toyota Official Store Solution. Jadi TOSS ini adalah semacam jejaring dealer online mobil Toyota.

Di situs web resmi TOSS Tunas Toyota, saya bebas memilih kendaraan yang dibutuhkan. Cara belanjanya kurang lebih sama seperti situs ecommerce lain. Dan yang paling penting saya tidak cuma bisa membeli mobil baru, tapi juga aksesoris dan onderdil mobil original Toyota.

Line up kendaraan yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari mobil keluarga Avanza sampai koleksi city car seperti Toyota Yaris dan Agya.

Sedikit tips

Saya yakin banyak dari kita tidak terbiasa membeli mobil dengan cara online. Tapi sepertinya kalau mau lebih efisien, opsi pembelian mobil dengan cara tersebut bisa dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *