Beberapa Pertimbangan sebelum Beli Water Heater untuk Mandi Air Hangat Seluruh Keluarga

Beli Water Heater

Jika Anda memiliki keinginan untuk dapat mandi menggunakan air panas atau hangat dan tidak ingin direpotkan dengan merebus air terlebih dahulu di kompor, maka Anda bisa menggunakan pemanas air merupakan solusi yang baik. Sekarang ini, water heater sudah menjadi salah satu alat elektronik yang diminati oleh orang banyak dari berbagai kalangan.

Agar mereka bisa mendapatkan air hangat atau panas dengan mudah dan langsung mengalir melalui keran kamar mandi. Saking beragamnya produk water heater, membuat banyak orang bingung dalam memilih maupun menentukan pemanas air yang tepat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sama seperti jika Anda memilih furniture, Anda harus jeli dalam memilih pemanas air.

Berikut tips bagi Anda dalam memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan keluarga :

Tentukan jenis water heater

Tips pertama yang harus Anda pertimbangkan, yaitu menentukan jenis yang memang sesuai dengan kebutuhan. Pemanas air sendiri memiliki beragam jenis, yaitu water heater listrik, gas water heater, solar water heater serta water heater heat pump. Sedangkan dalam penyimpanan air ada yang mempunyai tangki dan tidak. 

Sesuaikan ukuran tangka dengan jumlah penghuni rumah 

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan, yakni jumlah anggota keluarga di rumah yang nantinya akan menggunakan pemanas air. Hal ini penting karena berkaitan dalam menentukan kapasitas dari tangki air yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda salah memilih tangki untuk water heater, bila terlalu besar dapat mengakibatkan membutuhkan waktu lama untuk Anda menunggu air panas.

Misalnya jika menggunakan tangki dengan kapasitas 15 liter, idealnya hanya dapat dipakai dua orang saja, bila Anda memasang tangki berkapasitas 30 liter tentunya bisa digunakan lebih dari 3 hingga 4 orang untuk sekali pakai. 

Pilih yang Awet dan Garansinya Lama

Anda harus memastikan dengan teliti jika produk tersebut mempunyai garansi, supaya bila ada masalah atau kecacatan pada produk  Anda dapat menukarkan produk tersebut secara gratis. Ada baiknya jika Anda memilih produk yang sudah dipercaya akan keawetan serta memiliki garansi yang lama.

Misalnya 10 tahun atau bisa juga Anda memilih produk dengan masa garansi seumur hidup. Pastikan juga bila Anda dapat melakukan servis dengan tanpa dibebankan biaya apapun bila garansi masih berlaku.

Pertimbangkan Daya Listrik Rumah

Biasanya pemanas air akan membutuhkan daya listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 350 Watt bahkan lebih, tergantung jenis dan ukuran dari pemanasannya. Anda harus memastikan, jika dalam penggunaannya water heater tidak mengganggu aktivitas lainnya. Karena itu, Ada baiknya memilih unit water heater hemat energi apabila memungkinkan. Pilih pemanas air yang memang sesuai dengan kapasitas listrik di hunian Anda.

Mempertimbangkan Sistem Keamanannya

Terakhir Anda harus memperhatikan sistem keamanan, hal ini wajib dipertimbangkan sebelum membeli pemanas air. Misalnya, water heater yang nyaman dan aman digunakan oleh ibu hamil serta anak kecil. Contohnya, sebaiknya Anda juga memilih pemanas dengan sistem keamanan berlapis guna meminimalisir resiko kebocoran gas dan dapat memilih water heater yang aman, mudah digunakan, serta kalau perlu bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari smart home.

Anda dapat mencoba tips-tips tersebut untuk menemukan pemanas air yang sesuai dengan Anda dan ideal untuk mandi air hangat seluruh anggota keluarga. Pilihlah water heater dari Ariston yang telah memiliki kualitas produk standar Eropa dan berpengalaman lebih dari 90 tahun yang tentunya dapat mewujudkan keinginanmu akan sebuah water heater yang aman, nyaman dan hemat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *