Home » Ini Dia keuntungan Membuka Peluang Usaha bersama Pasangan

Ini Dia keuntungan Membuka Peluang Usaha bersama Pasangan

  • by
ilustrasi peluang usaha bersama

Fannies Last Supper – Pernahkah Anda terpikir membangun peluang usaha bersama pasangan? Selain lebih menyenangkan, tentu Anda dan pasangan bisa sama-sama berkembang di masa depan.

Tentu saja yang namanya membangun sebuah bisnis bersama tidak lepas dari tantangan. Namun sebelum membicarakan tantangan, ada baiknya kita membicarakan keuntungan mengelola usaha bersama pasangan.

Peluang usaha bersama yang bisa dipertimbangkan

Setidaknya ada beberapa rekomendasi peluang usaha yang bisa Anda pertimbangkan bersama pasangan, misalnya:

  • Peluang usaha waralaba: bergabung dengan merek waralaba yang menjual produk atau jasa tertentu menjanjikan kemudahan dalam mengelola usaha. Anda dan pasangan tidak perlu menciptakan produk dan/atau jasa sendiri. Selain itu merek waralaba yang bagus biasanya memberikan layanan yang lengkap supaya Anda bisa mengelola bisnis dengan baik.
  • Menjadi dropshipper: Hampir mirip dengan bergabung di bawah merek waralaba tertentu, menjadi seorang dropshipper relatif mudah dilakukan. Modalnya pun relatif terjangkau. Tugas Anda cuma satu: bagaimana menemukan supplier produk dan memasarkannya dengan teknik tertentu.

Keuntungan berbisnis bersama pasangan

Untuk sebuah awalan yang baik, dua tipe bisnis di atas menjadi rekomendasi pilihan peluang usaha yang bisa Anda bangun bersama pasangan.

Dua-duanya relatif mudah dikelola dan tidak membutuhkan modal yang besar. Lagipula bisa dijalankan dari rumah, jadi jelas tidak membutuhkan kantor khusus.

Tapi masak sih keuntungan berbisnis bersama pasangan hanya sampai di situ saja? Tentu tidak. Masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa diambil oleh orang yang berencana membangun bisnis bersama pasangan.

  • Peluang mengembangkan hobi dan minat yang sama

Tentu saja Anda dan pasangan sudah tahu hobi dan ketertarikan masing-masing. Carilah kesamaan minat dari situ, kemudian kembangkan minat tersebut jadi sebuah peluang usaha bersama.

  • Peluang belajar hal baru

Pasangan kita bisa membantu menemukan hal-hal baru, barangkali ide bisnis untuk dikembangkan jadi sesuatu yang menguntungkan secara finansial.

Nah, di titik itulah peran seorang pasangan jadi penting. Anda butuh pasangan untuk berbagi ide-ide bisnis segar yang bisa dijalankan dengan maksimal.

  • Kawan berbisnis yang baik

Kalau Anda dan pasangan sudah mampu membangun rasa saling percaya dengan baik, itu bisa jadi modal bagus untuk merintis bisnis bersama.

Kepercayaan merupakan hal penting dalam membangun bisnis bersama siapa pun, termasuk dengan orang yang kita cintai.

Dengan kepercayaan yang penuh di antara pasangan masing-masing, Anda berdua bisa membangun totalitas dalam mengelola bisnis agar berkembang di masa depan.

Hambatan yang mungkin muncul

Takkan ada keuntungan tanpa kekurangan. Hanya saja kekurangan yang dimaksud disini sebaiknya dianggap sebagai hambatan, atau masalah yang harus diselesaikan.

Yang pertama, tidak semua orang cocok dijadikan rekan kerja, bahkan pasangan Anda sekali pun. Jadi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, ada baiknya Anda dan pasangan mulai dari bisnis kecil-kecilan supaya Anda berdua bisa saling menakar kecocokan dan kemampuan masing-masing dalam mengelola peluang usaha bersama.

Yang kedua, bisnis yang dibangun bersama rawan konflik karena perbedaan sifat pasangan. Namun perbedaan yang ada sebetulnya bisa dijadikan kekuatan bisnis.

Misalnya bila Anda adalah orang yang teledor, maka jelas tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Namun di saat bersamaan Anda punya kemampuan persuasi yang baik, maka Anda bisa jadi seorang yang mengurus bagian pemasaran.

Sederhananya, temukanlah potensi yang bisa dikelola setiap kali konflik bisnis muncul karena perbedaan sifat diantara pasangan.

Demikianlah sedikit bahasan tentang membangun peluang usaha bersama pasangan. Sudah siapkah Anda dengan segala macam resiko dan keuntungannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *